WELCOME TO MY BLOG

my foto

my foto

Minggu, 17 Juli 2011

Buntut Kasus Apple HTC, Android Ikut Terancam

Apple
Apple
CALIFORNIA - International Trade Commision (ITC) telah memenangkan Apple atas gugatan, bahwa HTC telah melanggar dua paten milik Apple. Setelah ini nampaknya semua perangkat yang memakai OS Android akan ikut terkena imbas, karena melanggar hak paten yang sama.

Berdasarkan klaim Apple, paten yang dilanggar oleh HTC adalah sebagai berikut:

1. Hak Paten Apple Amerika Serikat nomor 5.946.647 pada sistem dan metode untuk menjalankan sebuah tindakan pada struktur di data yang dihasilkan komputer.
2. Hak Paten Apple Amerika Serikat nomor 6.343.263 pada sistem pemproses sinyal real-time untuk data yang diteruskan secara bersambung.

Seperti yang dikutip dari ZD Net, Minggu (17/7/2011), kedua paten yang disebutkan di atas juga dipermasalahkan oleh Apple ke Motorola dan Nokia. Keputusan ITC ini juga merupakan keputusan pengadilan pertama yang menemukan bahwa Android dalam pelanggaran hak intelektual pihak ketiga.

Seberapa seriusnya kasus ini berdampak bagi HTC? Cukup serius, karena kemungkinan terburuk ITC bisa menjatuhkan larangan impor ke Amerika Serikat bagi semua produk HTC yang memakai OS Android.

Menurut pengamat hak paten Florian Mueller, Apple nampaknya tidak akan memberikan HTC lisensi untuk paten-paten tersebut, dan juga akan membuat klaim yang bakal lebih menyerang perusahaan asal Taiwan tersebut.

"Hal ini juga akan semakin parah. Mengingat juga akan berdampak bagi semua produk dengan OS Android yang ada di pasar, terlepas dari siapa yang membuatnya," jelas Mueller.

"Melihat kedua hak paten tersebut, sangat sulit untuk melihat bahwa perangkat OS Android tidak melakukan pelanggaran yang sama," tambahnya.

Sambil berbicara, Mueller juga memperlihatkan sebuah daftar yang menunjukkan bagaimana perangkat-perangkat lainnya juga ikut melanggar kedua hak paten tersebut, sama seperti yang dilakukan oleh Android..

Meski pihak HTC mengklaim bahwa mereka telah menemukan 'solusi alternatif' untuk kasus hak paten ini, Mueller tidak terlalu optimis melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

Entri Populer

Laman